Kloroplas: Penangkapan Energi Cahaya

0

Kloroplas adalah suatu anggota terspesialisasi dari famili  organel-organel tumbuhan yang berkerabat-dekat, yang disebut plastida (plastid). Beberapa anggota lain adalah amiloplas, plastida tak berwarna yang menyimpan pati (amilosa), terutama pada akar dan umbi, serta kromoplas, yang memiliki pigmen yang menyebabkan buah dan bunga berwarna jingga dan kuning. Kloroplas mengandung pigmen hijau yang bernama klorofil, serta berbagai enzim dan molekul lain yang berfungsi dalam produksi gula secara fotosintesis. Organel-organel berbentuk lensa ini, ditemukan di daun dan organ hijau lain pada tumbuhan dan alga.   
Kandungan kloroplas dipisahkan dari sitosol oleh selaput yang terdiri dari dua membran yang dipisahkan oleh ruang antarmembran yang sangat sempit. Di dalam kloroplas terdapat sistem bermembran lain dalam bentuk kantong-kantong pipih yang saling berhubungan, disebut tilakoid (thylakoid). Di beberapa wilayah, tilakoid ditumpuk seperti koin permainan poker; masing-masing tumpukan disebut grana (bentul tunggal, granum). Cairan di luar tilakoid disebut stroma, yang mengandung DNA kloroplas dan ribosom, serta banyak enzim. Membran Kloroplas membagi ruang kloroplas menjadi tiga kompartemen: ruang antarmembran, stroma, dan ruang tilakoid.

Seperti juga mitokondria, penampakan statik dan kaku Kloroplas dalam mikrograf atau diagram skema tidaklah sesuai dengan perilaku dinamik organel tersebut dalam sel hidup. Bentuk kloroplas bisa berubah;  kloroplas pun tumbuh dan terkadang membelah dua, atau bereproduksi. Kloroplas bisa berpindah-pindah dan, bersama mitokondria dan organel lain, bergerak berkeliling sel di sepanjang lajur-lajur sitoskeleton, jejaring struktural yang nanti akan kita bahas dalam bab ini.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Ilmu dalam website ini berguna? Learn More
Accept !