Vakuola - Ruang besar pengatur air dalam sel

0

Vakuola

Organel ini ditemukan pada sel hewan dan tumbuhan, namun pada tumbuhan cenderung lebih besar daripada pada sel hewan.
Membran vakuloa ini berasal dari retikulum endoplasma dan berfungsi mengatur zat-zat yang keluar masuk vakuola. Sel dewasa biasanya hanya memiliki satu vakuola besar di bagian tengah, sedangkan pada sel muda terdapat beberapa vakuola kecil.

In animal cells, vacuoles are generally small and help sequester waste products. In plant cells, vacuoles help maintain water balance. Sometimes a single vacuole can take up most of the interior space of the plant cell.


Vakuola pada tumbuhan terdapat bermacam-macam senyawa kimia, misalnya garam-garam mineral, karbohidrat, asam-asam amino, zat-zat yang tidak diperlukan lagi, hasil sampingan metabolisme yang dapat meracuni sitoplasma, dan terdapat juga pigmen, misalnya antosianin yang menentukan warna pada bunga. 
Vakuola pada sel hewan biasanya lebih kecil dan tidak dilengkapi dengan tonoplas. Pada beberapa jenis protozoa terdapat vakuola makanan yang di dalamnya tersimpan sejumlah enzim-enzim pencernaan intraseluler. Selain itu, terdapat pula vakuola berdenyut yang berperan dalam osmoregulasi, yaitu mengatur potensial osmotik cairan di dalam sel.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Ilmu dalam website ini berguna? Learn More
Accept !