Rangkuman Struktur dan Fungsi Sel

0

Struktur dan Fungsi Sel 

Kali ini kita akan berbicara tentang sel sebagai : struktur fungsional terkecil mahluk hidup yang memiliki arti bahwa sel merupakan struktur terkecil dari mahluk hidup yang sudah bisa melakukan fungsi sebagai mahluk hidup (karena sel memiliki organel yang berfungsi seperti organ-organ pada mahluk hidup umum)

Pendahuluan 

Sel sangatllah kecil 5 – 15 mikron dan tidak bisa kita lihat tanpa mikroscope. maka penemuan sel diawali dari penemuan microscope terlebih dahulu oleh Zacharias Janssen pada 1590. kemudian  Robert Hooke, tepatnya pada tahun 1665 mengamati gabus dan mendapati ruang-ruang yang kemudian disebut Cell.
Bagian-bagian mikroskop binokuler

 Struktur dan Fungsi Bagian-bagian Sel

Sel hewan, tumbuhan dan prokariotik (bakteri) memiliki organel yang berbeda-beda seperti pada gambar berikut ini :
Bagian-bagian sel hewan

Bagian-bagian Sel Tumbuhan

untuk bagian dari sel-sel prokariotik/ bakteri bisa klik link berikut  PROKARIOTIK
Detail masing-masing organel dapat kalian buka pada link berikut ini
Membran sel pada hewan dan tumbuhan berfungsi untuk sebagai pengatur lalulintas zat yang keluar dan masuk ke dalam sel. mekanisme dalam memasukan dan mengeluarkan zat tersebut melalui berbagai cara antara lain :
Osmosis : Pergerakan molekul zat PELARUT (air) yang melalui membran semi permeable dari yang berkonsentrasi tinggi (hipertonik) ke tempat yang berkonsentrasi rendah (hipotonik), pada dasar hal ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan keadaan sel dengan sekitar. perhatikan gambar berikut
pada lingkungan hipertonik sel akan melepaskan airnya dan akan menyusut. sedangkan pada lingkungan yang hipotonik dia akan mengambil air dari lingkungan sehingga menggembung.
Difusi : adalah perpindahan molekul yang terlarut dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah

Transpor Aktif : terbagi menjadi 2 yaitu fagositosis dan pinositosiss. Fagositosis berasal dari kata fago, artinya makan karena menunjukkan seolah-olah sel sedang makan. Pinositosis berasal dari kata pinos, artinya minum karena seolah-olah menunjukkan sel sedang minum. Fagositosis dan pinositosis merupakan cara lain agar suatu zat dapat keluar masuk sel tanpa menembus membran plasma. ini lazim tejadi pada organisme sel tunggal seperti amoeba.



Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Ilmu dalam website ini berguna? Learn More
Accept !