Aparatus golgi : Penerimaan Pusat Pengiriman

0
Badan Golgi

Setelah meninggalkan RE, banyak vesikel transpor bergerak ke aparatus Golgi (Golgi apparatus, dikenal juga sebagai badan Golgi). Kita dapat menganggap aparatus Golgi sebagai pusat pembuatan, penggudangan, pemilahan, dan pengiriman. Di organel ini, produk-produk RE, misalnya protein, dimodifikasi dan disimpan serta kemudian dikirimkan ke berbagai tujuan lain. Tidaklah mengherankan, aparatus Golgi sangat ekstensif pada sel- sel yang terspesialisasi untuk sekresi.    
Aparatus Golgi terdiri dari kantong-kantong pipih bermembran-sisterna-yang terlihat seperti tumpukan pita bread (roti pipih yang bisa dipotong untuk diberi isi). Suatu set dapat memiliki banyak, bahkan ratusan, tumpukan semacam ini. Membran setiap sisterna dalam satu tumpukan macam itu memisahkan ruang internal sisterna dari sitosol. Vesikel yang terkonsentrasi di dekat aparatus Golgi terlibat dalam transfer materi di antara bagian-bagian golgi dan struktur-struktur lain.
Tumpukan Golgi memiliki polaritas struktural tersendiri, dan membran sisterna pada sisi-sisi tumpukan yang berlawanan berbeda dalam hal ketebalan dan komposisi molekularnya. Kedua kutub tumpukan golgi disebut sebagai sisi cis dan sisi trans; sisi cis bekerja sebagai bagian penerimaan sedangkan sisi trans sebagai bagian pengiriman pada aparatus golgi. Vesikel transpor menggerakkan materi dari ER menuju aparatus Golgi. Suatu vesikel yang bertunas dari ER dapat menambahkan membrannya dan isi lumennya ke sisi cis dengan cara berfus, (bergabung) dengan membran Golgi. Sisi trans memunculkan vesikel, yang terlepas dan berpindah ke tempat lain.
Produk-produk RE biasanya dimodifikasi ketika berpindah dari wilayah cis ke wilayah trans Golgi. Misalnya, berbagai enzim Golgi memodifikasi bagian- bagian karbohidrat pada glikoprotein. Karbohidrat pertama-tama ditambahkan ke protein di RE kasar, seringkali pada saat proses sintesis polipeptida. Karbohidrat pada glikoprotein yang dihasilkan kemudian dimodifikasi ketika melewati bagian RE dan Golgi lainnya. Golgi menyingkirkan beberapa monomer gula dan mengganti yang lain, menghasilkan banyak sekali ragam karbohidrat. Fosfolipid membran juga mungkin diubah di dalam Golgi.
Selain aktivitas penyelesaiannya (Finishing), aparatus Golgi membuat sendiri beberapa makromolekul. Banyak polisakarida yang disekresikan oleh sel merupakan produk Golgi, termasuk pektin dan berbagai polisakarida nonselulosa lain yang dibuat oleh sel tumbuhan dan digabungkan bersama selulosa di dalam dinding selnya. (Selulosa dibuat oleh enzim yang terletak dalam membran plasma, yang secara langsung mendepositkan polisakarida ini di permukaan luar sel.) Seperti protein sekresi, produk nonpratein dari Golgi yang akan disekresikan meninggalkan sisi trans Golgi di dalam vesikel transpor yang akhirnya berfusi dengan membran plasma.

Golgi membuat dan merapikan produknya secara bertahap, dengan berbagai sisterna berbeda yang mengandung kumpulan enzim yang unik. Belum lama ini, ahli biologi masih menganggap Golgi sebagai struktur statik, dengan berbagai produk dalam tahap-tahap proses berbeda yang ditransfer dari satu sisterna ke sisterna berikutnya oleh vesikel. Meskipun hal ini mungkm terjadi, riset terbaru telah menghasilkan model baru Golgi sebagai suatu struktur yang lebih dinamik. Berdasarkan model yang disebut model pematangan sisterna (cisternal maturation modet), sisterna Golgi sebenarnya bergerak maju dari sisi cis ke trans, mengangkut dan memodifikasi muatannya sambil bergerak.

Sebelum melepaskan produknya melalui pertunasan vesikel dari slsi trans, tumpukan Go memilah-mllah produk dan menentukan tujuannya (targetnya) pada berbagai baSian seL Label identifikasl molekutar, misalnya gugus fosfat yang ditambahkan ke produk Golgi, mem- bantu pemilahan seperti kode pos pada alamat surat. Terakhir, vesikel transpor yang bertunas dari Golgi mungkin memiliki molekul eksternal pada membrannya yang mengenali 'tempat bongkar-muat' pada permukaan organel spesifik atau pada membran plasma, sehingga vesikel pun tiba di target yang tepat.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Ilmu dalam website ini berguna? Learn More
Accept !